Djarismawati, Djarismawati and Sukana, Bambang and Sugiharti, Sugiharti (2004) Pengetahuan dan Perilaku Penjamah tentang Sanitasi Pengolahan Makanan pada Instalasi Gizi Rumah Sakit di Jakarta. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 14 (3). pp. 31-37. ISSN 0853-9987
156640-pengetahuan-dan-perilaku-penjamah-tentan-952a4c32.pdf
Download (393kB) | Preview
Abstract
Sanitasi makanan sangat penting terutama di tempat-tempat umum yang erat kaitannya dengan pelayanan orang banyak. Rumah sakit merupakan salah satu tempat umum yang memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dengan inti kegiatan berupa pelayanan medis yang diselenggarakan melalui pendekatan preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif. Untuk menunjang pelayanan medis bagi pasien yang di se/enggarakan rumah sakit, perlu adanya pengolahan makanan yang baik dan memenuhi syarat higiene sanitasi makanan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pengolahan makanan di 3 (tiga) rumah sakit (RS. Fatmawati, RS Pasar Rebo, dan RS Persahabatan) belum memenuhi syarat higiene sanitasi
makanan. Pengetahuan dan perilaku penjamah sudah baik, tempat pengolahan belum memenuhi syarat dan kurangnya pengawasan serta pembinaan terhadap proses pengolahan makanan.
Saran yang dapat diberikan adalah perlu diadakan kursusn mengenai sanitasi makanan dan higiene perorangan kepada tenaga penjamah, pengawasan, terhadap perilaku dan kualitas makanan perlu di tingkatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sanitas, instalassi gizi rumah sakit |
Subjects: | W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WA Public Health |
Divisions: | Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan |
Depositing User: | K A |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 04:56 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 04:56 |
URI: | https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/5656 |