Petty Arfines, Prisca and Dyah Puspitasari, Fithia (2017) Hubungan Stunting dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Daerah Kumuh, Kotamadya Jakarta Pusat. Buletin Penelitian Kesehatan, 45 (1). pp. 45-52. ISSN 0125-9695
68027-hubungan-stunting-dengan-prestasi-belaja-0baaf2d-45-52.pdf
Download (228kB) | Preview
Abstract
Masalah kekurangan gizi dapat terjadi pada semua kelompok umur, demikian pula pada anak umur
sekolah (6–12 tahun). Keluarga yang hidup di daerah kumuh memiliki kecenderungan kurang dalam
pemenuhan kebutuhan gizi beserta sanitasi lingkungan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko
penyakit infeksi pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status
gizi pendek (stunting) dengan prestasi anak sekolah dasar di daerah kumuh di Kotamadya Jakarta
Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan
data dilakukan pada bulan Juni hingga November 2012 dari siswa/i dari 6 sekolah dasar di Kelurahan
Kramat dan Tanah Tinggi. Data yang diambil meliputi karakteristik dasar, kadar hemoglobin (Hb),
antropometri, skor konsentrasi, prestasi dan food recall 1x24 jam. Responden sejumlah 141 anak
yang terdiri dari 86 anak perempuan (61%) dan 55 anak laki-laki (39%). Didapatkan proporsi status
gizi pendek sebesar 21.5% dari pengukuran skrining. Dari analisis bivariat dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan antara z-score TB/U (indikator stunting) dengan prestasi belajar anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stunting, learning achievements, school-aged children, slum area, learning concentration |
Subjects: | W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WS Pediatrics |
Divisions: | Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan |
Depositing User: | Rini Sekarsih |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:47 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:47 |
URI: | https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/5633 |