REPOSITORI BADAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

Kajian Kinerja Dinas Kesehatan Kota Semarang Tahun 2005 Dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) Dari Perspektif Proses Internal dan Perspektif Pembelajaran

Sulistyorini, Evi and Trapsilowati, Wiwik (2007) Kajian Kinerja Dinas Kesehatan Kota Semarang Tahun 2005 Dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) Dari Perspektif Proses Internal dan Perspektif Pembelajaran. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 17 (1). pp. 1-8. ISSN 0853-9987

[thumbnail of 154054-kajian-kinerja-dinas-kesehatan-kota-sema-c63dff62.pdf] Text
154054-kajian-kinerja-dinas-kesehatan-kota-sema-c63dff62.pdf

Download (686kB)

Abstract

Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang berpotensi kejadian luar biasa (KLB). Trend kasus DBD mengalami peningkatan baik nasional, Provinsi Jawa Tengah, maupun Kota Semarang dalam lima tahun terakhir. Pengukuran kinerja instansi pemerintah, khususnya dalam pengendalian DBD saat ini menggunakan LAKIP dengan indikator inputs, outputs, outcomes, benefits, dan impacts. LAKIP tersebut belum melihat adanya indikator proses. Pada pemerintahan yang berfokus masyarakat, indikator proses dapat diukur dengan menggunakan Balanced Scorecard (BSC), khususnya perspektif proses internal dan perspektif pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelayanan dan penanganan keluhan dalam perspektif proses interna, serta mengetahui pelatihan, pembimbingan, serta pemberdayaan karyawan dari perspektif pembelajaran dalam pengendalian DBD. Jenis penelitian ini adalah observasional dengon rancangan studi kasus. Data primer diperoleh melalui Focus Group Discussion (FGD) dan divalidasi dengan teknik triangulasi metode, yaitu wawancara mendalam. Subyek penelitian ini adalah organisasi Dinas Kesehatan Kota Semarang. Cara penentuan subyek tersebut menggunakan purposive sampling. Data dianalisa secara kualitatif dengan cara koding. Hasil penelitian diketahui bahwa dari perspektif proses internal pengendalian DBD dilakukan dengan mengacu pada SPM, proses pelayanan dituangkan dalam bentuk flow chart, dan untuk memberikan pelayanan yang bermutu telah dibentuk tim penanganan keluhan masyarakat. Dari perspektif pembelajaran diketahui bahwa peningkatan profesionalisme dan kemampuan karyawan dilakukan dengan pembimbingan secara berjenjang dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk studi lanjut. Pemberian tugas dan pendelegasian wewenang dalam pemberdayaan karyawan sudah dilakukan dengan melihat permasalahan dan kemampuan karyawan, umpan balik dan penghargaan diberikan sebagai upaya peningkatan movitasi karyawan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengendalian DBD, kinerja dinas kesehatan, perspektif proses internal dan perspektif pembelajaran, balanced scorecard
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WC Communicable Diseases > WC 500-590 Virus Diseases
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: K A
Date Deposited: 17 May 2024 02:53
Last Modified: 17 May 2024 03:01
URI: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item