REPOSITORI BADAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

Efektivitas Program Pendampingan Ibu Hamil terhadap Peningkatan Sikap Ibu tentang Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Tujuh Kabupaten/Kota di Indonesia

Rizkianti, Anissa and Novianti, Novianti and Suparmi, Suparmi (2022) Efektivitas Program Pendampingan Ibu Hamil terhadap Peningkatan Sikap Ibu tentang Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Tujuh Kabupaten/Kota di Indonesia. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 32 (1). pp. 87-98. ISSN 0853-9987

[thumbnail of Efektiivtas Program Pendampngan Ibu HAmil terhadap Peningkatan Sikap Ibu tentang Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Tujuh Kabupatenkota di Indonesia.pdf] Text
Efektiivtas Program Pendampngan Ibu HAmil terhadap Peningkatan Sikap Ibu tentang Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Tujuh Kabupatenkota di Indonesia.pdf

Download (764kB)

Abstract

Masih tingginya angka kematian ibu dan anak di Indonesia mendorong pemerintah untuk melakukan intervensi multisektor. Salah satu upaya terobosan yang dilakukan adalah melalui program pendampingan ibu hamil oleh mahasiswa dan kader sebagai bentuk kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adanya peningkatan sikap ibu terhadap kesehatan ibu dan bayi baru lahir sebagai dampak dari pendampingan ibu hamil oleh mahasiswa. Dengan menggunakan desain quasi-experiment, penelitian ini mengevaluasi perubahan sikap 280 orang ibu hamil pada kelompok intervensi dan 280 orang ibu hamil pada kelompok kontrol di tujuh kabupaten/kota di Indonesia, yakni Kota Bandar Lampung, Kota Palembang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Kawarang, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Makassar. Intervensi adalah pendampingan kepada ibu hamil yang diberikan secara tatap muka oleh mahasiswa kebidanan dengan melibatkan kader. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pendampingan berpengaruh secara signifikan terhadap rata-rata skor sikap ibu (p = 0,000), dimana skor sikap ibu di masing-masing kelompok berbeda secara signifikan. Rata-rata skor sikap ibu sesudah pendampingan meningkat 5,7% pada kelompok intervensi (p = 0,000), dan meningkat 3,8% pada kelompok kontrol (p = 0,000). Namun, jika dibandingkan antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol, selisih skor sikap ibu sebelum dan sesudah pendampingan tidak berbeda secara signifikan (p = 0,655). Oleh karena itu, pendampingan oleh mahasiswa dapat menjadi alternatif sarana pendidikan bagi ibu hamil dan diharapkan dapat dilanjutkan secara berkesinambungan dengan melibatkan koordinasi lintas sektor

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mentoring, pregnant women, maternal attitudes, students
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WQ Obstetrics > WQ 200-212 Reproduction. Pregnancy
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: K A
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:12
Last Modified: 25 Mar 2024 06:12
URI: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/5245

Actions (login required)

View Item View Item