REPOSITORI BADAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

Gambaran Layanan Keselamatan dan Kesehatan Pengunjung Wisata di Jawa Tengah

Shaluhiyah, Zahroh and Suryoputro, Antono and Kusumawati, Aditya (2022) Gambaran Layanan Keselamatan dan Kesehatan Pengunjung Wisata di Jawa Tengah. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 32 (2). pp. 143-154. ISSN 0853-9987

[thumbnail of Gambaran Layanan Keselamatan dan Kesehatan Pengunjung Wisata di Jawa Tengah.pdf] Text
Gambaran Layanan Keselamatan dan Kesehatan Pengunjung Wisata di Jawa Tengah.pdf

Download (354kB)

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia mengalami peningkatan hingga 8.5% per tahun sebelum masa pandemi covid dan dimungkinkan akan meningkat bila pandemic covid dapat terkendali. Tetapi kejadian kecelakaan dan munculnyapenyakit saat berwisata juga semakin banyak terjadi khususnya di Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan tempat tujuan wisata strategis karena mudah aksesnya, sehingga layanan keselamatan dan Kesehatan menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran informasi dan layanan kesehatan dan keselamatan wisata di Jawa Tengah. Metode kualitatif dipilih dengan wawancara mendalam kepada 25 pengelola yang terdiri daristaf humas, marketing, tour guide dan pengelolanya, serta observasi di 19 tempat wisata yang dipilih secara purposif. Sebagian besar tempat wisata memiliki informasi keselamatan, standar P3K dan asuransi kesehatan, tetapi informasi dan layanan Kesehatan kebanyakan belum tersedia. Kelengkapan informasi dan layanan Kesehatan serta keselamatan wisata terlihat beragam antar tempat wisata, karena tergantung dari sumber daya masing-masing. Beberapa tempat wisata sudah dilengkapi dengan pos pelayanan kesehatan dan petugas penjaga keselamatan, tetapi lebih banyak yang belum memiliki. Hanya satu tempat wisata yang telah lengkap dengan pos pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, ambulance, ruang laktasi, peralatan pencegahan bahaya dan petugas pengawas keselamatan, hal ini karena tempat wisata tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Kurangnya layanan Kesehatan dan keselamatan wisata, mulai dari yang tidak tersedia sama sekali sampai dengan yang relatif lengkap, disebabkan karena. kebanyakan pengelola wisata masih belum memprioritaskan aspek informasi dan layanan kesehatan bagi wisatawannya. Oleh karena itu perlu regulasi dan standard kesehatan dan keselamatan pariwisata yang harus dipatuhi oleh pengelola untuk meningkatkan kualitas kepariwisataan di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: informasi kesehatan, layanan kesehatan dan keselamatan, pengunjung, pengelola wisata, health information, health safety and and service, visitor, tourism manager
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > W General Medicine. Health Professions > W 32-64 Law. Ethics. Professional-Patient Relations
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: K A
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:14
Last Modified: 22 Mar 2024 05:14
URI: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item