REPOSITORI BADAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

Tingkat Stres Pelajar Sekolah Menengah Saat Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19

Syadidurrahmah, Fidah and Rahmah, Hany Fauzia and Nisa, Hoirun (2022) Tingkat Stres Pelajar Sekolah Menengah Saat Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 32 (2). pp. 99-110. ISSN 0853-9987

[thumbnail of Tingkat Stres Pelajar Sekolah Menegah Saat Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.pdf] Text
Tingkat Stres Pelajar Sekolah Menegah Saat Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (433kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi pada tahun 2020 menyebabkan diberlakukannya sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada pelajar di Indonesia. Sistem pembelajaran yang berubah secara tiba-tiba dapat memicu tingkat stres pada pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pada pelajar sekolah menengah selama PJJ di Jabodetabek. Studi ini menggunakan desain cross sectional dan dilakukan pada bulan Oktober – November 2020. Teknik voluntary sampling digunakan dalam pemilihan
responden. Pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Atas di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (n=414) berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner secara online. Analisis multivariat dilakukan dengan regresi logistik. Selama PJJ, 50,5% pelajar mengalami stres berat. Hasil analisis multivariat menunjukkan pelajar perempuan (OR=2,444, 95% CI: 1,526-3,913); kesulitan dalam mengakses pembelajaran (OR= 4,244, 95% CI: 2,666-6,756); dan tingkat pemahaman materi yang kurang
(OR= 2,657, 95% CI: 1,541-4,582) mempengaruhi tingkat stres pada pelajar selama PJJ. Kami menyimpulkan bahwa stres berat saat PJJ cukup tinggi pada responden pelajar menengah. Pelajar perempuan, kesulitan akses, berhubungan dengan stress pelajar adalah kesulitan dalam mengakses pembelajaran. Sebaiknya pihak penyelenggara pendidikan memastikan setiap pelajar mudah mengakses pembelajaran, mengevaluasi metode PJJ secara berkala, meningkatkan keterampilan manajemen stres siswa, menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung, dan memperhatikan media pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akses, Pemahaman, Pembelajaran Jarak Jauh, PJJ, Stres
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WC Communicable Diseases > WC 500-590 Virus Diseases
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: K A
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:26
Last Modified: 22 Mar 2024 04:26
URI: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item