REPOSITORI BADAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

Asupan Yodium, Fungsi Iroid, Fungsi Kognitif dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Daerah Endemis GAKY

Dewi, Agil Dhiemitra Aulia (2014) Asupan Yodium, Fungsi Iroid, Fungsi Kognitif dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Daerah Endemis GAKY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Survei pemetaan GAKY Kabupaten Sleman tahun 2003 menunjukkan Kecamatan Cangkringan sebagai daerah endemik GAKY berat, dengan angka TGR tertinggi 39,5%. GAKY dapat menyebabkan terganggunya perkembangan mental dan kecerdasan terutama pada anak-anak yang dapat berakibat pada rendahnya prestasi belajar anak usia sekolah. Mengetahui perbedaan asupan yodium, fungsi tiroid, fungsi kognitif dan prestasi belajar anak sekolah dasar di daerah endemis GAKY. Penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel anak SD usia 8- 14 tahun yang tinggal di daerah endemis GAKY Kecamatan Cangkringan, Sleman. Pengambilan sampel dilakukan secara Multistage Sampling Designs. Pengumpulan data asupan yodium dengan pengukuran Ekskresi Yodium Urin (EYU) sewaktu menggunakan metode Ammonium Persulfate Digestion Method dengan spektrofotometer, fungsi tiroid dengan uji kadar TSH dalam darah menggunakan metode assay ELFA, fungsi kognitif dengan tes IQ menggunakan metode Culture Fair Intelligent Test (CFIT), dan prestasi belajar dengan nilai ulangan akhir semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 yang terstandar. Metode analisis data yang digunakan adalah uji independen t test dan uji pearson corelation. Sebanyak 17,33% anak mengalami defisiensi yodium dengan indikator EYU dan 26,67% anak mengalami hipotiroid dengan indikator TSH. Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat hubungan sangat signifikan antara fungsi kognitif dengan prestasi belajar, baik prestasi matematika maupun bahasa lndonesia (p<0,01). Tidak ada hubungan yang signifikanantara asupan yodium dengan fungsi tiroid, fungsi kognitif, prestasi matematika, dan prestasi bahasa lndonesia (p>0.05). Tidak ada hubungan yang signifikan antara fungsi tiroid dengan fungsi kognitif dan prestasi belajar baik prestasi matematika maupun bahasa lndonesia (p>0.05). Anak dengan fungsi kognitif lebih tinggi memiliki pencapaian prestasi belajar lebih baik. Fungsi tiroid dan asupan iodium tidak berhubungan dengan fungsi kognitif dan prestasi belajar anak SD di Kecamatan Cangkringan. Perlu penelitian lebih lanjut untuk memperoleh faktor gizi lain yang berkaitan dengan fungsi kognitif dan prestasi belajar anak sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CHILD; Yodium, Iroid,
Subjects: QS-QZ Preclinical sciences (NLM Classification) > QV Pharmacology > QV 270-285 Water. Electrolytes
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Balai Penelitian dan Pengembangan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium Magelang
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 17 Nov 2017 04:13
URI: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item