REPOSITORI BADAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

EVALUASI DAMPAK IMPLEMENTASI MODEL EVIDENCE BASED QUALITY ASSURANCE (EBQA) PELAYANAN JASA KESEHATAN RUMAH SAKIT DALAM RANGKA ANTISIPASI SEBAGAI PERUSAHAAN JAWATAN (PERJAN) (Tahap III : Evaluasi Dampak Implementasi)

Ristrini and Budiarto, Wasis and Soemartono and Budijanto, Didik (2003) EVALUASI DAMPAK IMPLEMENTASI MODEL EVIDENCE BASED QUALITY ASSURANCE (EBQA) PELAYANAN JASA KESEHATAN RUMAH SAKIT DALAM RANGKA ANTISIPASI SEBAGAI PERUSAHAAN JAWATAN (PERJAN) (Tahap III : Evaluasi Dampak Implementasi). Project Report. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi model EBQA pelayanan jasa kesehatan rumah sakit. Penelitian ini merupakan tahap akhir sebagai kelanjutan dari dua tahapan sebelumnya, dimana pada tahap pertama merupakan tahapan penyusunan model dan tahap kedua merupakan implementasi dari model yang dibuat pada tahap pertama. Penelitian ini dilakukan di 6 (enam) rumah sakit di 3 propinsi yang dipilih secara purposive (Jatim, Jateng, Jabar), dimana untuk setiap propinsi dipilih dua RS yaitu RSU tipe 8 dan tipe C, yaitu RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung, RSUD Sumedang, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSUD Salatiga, RSUD dr.Saiful Anwar Malang dan RSUD Ponorogo. Variabel yang dipakai untuk menilai hasil implementasi ditinjau dari empat perspektif ya itu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses layanan internal, perspektif pelanggan dan perspektif kinerja RS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, jumlah anggota mengalami peningkatan dan jumlah juklak yang dihasilkan juga meningkat. Komitmen karyawan cukup naik dan pemberdayaan karyawan dalam bidang mutu dilakukan oleh manajemen RS cukup baik pula. Dari perspektif proses layanan internal dapat dikatakan cukup dimana mutu proses meningkat secara bermakna, dan dalam manajemen mutu pencapaian skor cukup besar. Dalam perspektif pelanggan menunjukkan bahwa kualitas layanan cukup baik dan meningkat secara bermakna selama implementasi. Perspektif kinerja non finansial menunjukkan kondisi yang sangat varatif demikian pula kinerja finansialnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: EBQA, pelayanan jasa kesehatan
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > W General Medicine. Health Professions > W 84-85.5 Health Services. Patients and Patient Advocacy
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:30
Last Modified: 31 Oct 2017 07:36
URI: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item View Item