Pencarian Koleksi Repositori Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan

Kesesuaian Prevalensi Gizi Kurang yang Disajikan dalam Bentuk Persen Median, Persentil dan Skor Simpang Baku (Z-skor)

Sudiman,, Herman (1995) Kesesuaian Prevalensi Gizi Kurang yang Disajikan dalam Bentuk Persen Median, Persentil dan Skor Simpang Baku (Z-skor). Project Report. Center for Research and Development of Nutrition and Food, NIHRD.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Telah dialkukan analisis terhadap data set antropometri dari penelitian Evaluasi UPGK tahun 1982 di 6 propinsi untuk mengkaji kesesuaian prevalensi gizi kurang yang disajikan dengan cara persen median, persentil, dan Z-skor. Perbandingan antar indeks menunjukkan bahwa indeks BB/TB menghasilkan angka prevalensi paling rendah dibandingkan dengan 2 indeks lainnya. Sementara itu pembandingan antar cara penyajian menunjukkan bahwa cara Z-skor memberikan angka prevalensi 2 persen-5 persen lebih rendah dibandingkan cara persentil maupun median untuk indeks BB/TB dan BB/U. Sebaliknya untuk indeks TB/U cara penyajian persen median menghasilkan angka prevalensi 15 persen - 16 persen lebih rendah dari cara Z-skor, dan 19 persen lebih rendah dari cara persentil. Nilai Se dan Sp untuk penyajian persen median dan persentil terhadap Z-skor untuk indeks BB/U dan BB/TB sekitar 90 persen - 100 persen. Nilai Se indeks TB/U didapati paling rendah pada penyajian persen median.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: prevalensi gizi kurang; Z-skor; cara persentil
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WD Disorders of Systemic, Metabolic or Environmental Origin, etc. > WD 100-175 Nutrition Disorders
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan > Center for Research and Development of Nutrition and Food, NIHRD
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:30
Last Modified: 07 Nov 2017 05:46
URI: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item
View Item